7 Kuliner Ciri khas Boyolali yang Unik serta Enak, Membuat Tiba-tiba Keroncongan

Kuliner Ciri khas Boyolali –¬†Akhir-akhir ini, Kabupaten Boyolali sedang hangat dibahas mass media. Boyolali tiba-tiba viral sebab pengakuan capres 2019, Prabowo Subianto, yang menyebutkan “Tampang Boyolali” dalam pidatonya, di akhir Oktober kemarin. Terdapat di Jawa Tengah, nama Boyolali memang tidak sepopuler Semarang jadi ibu kota propinsi. Tetapi janganlah salah, kekayaan wisata serta kuliner Boyolali masih tidak kalah saing lho. Wilayah yang populer dengan agrowisata serta sapi perahnya ini menaruh beberapa kuliner lezat. Tidak yakin, tersebut faktanya!

Makanan Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Makanan Khas Boyolali

1. Nasi tumpang
Sejumlah besar orang kesukaran memperbedakan nasi tumpang serta nasi pecel, sebab selintas penampakannya serupa. Perbedaannya ada di sambal lethok yang terbuat dari tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, serta cabai. Rasa serta aroma dari tempe busuk itu yang jadikan makanan Boyolali ini istimewa. Permasalahan harga tak perlu ditanyakan , pastinya murah. Kamu dapat temukan banyak warung jual nasi tumpang, diantaranya di jalan Tentara Pelajar.

2. Soto seger
Sesuai dengan namanya, soto asli Boyolali ini memang beri kesegaran serta sangat terasa gurih, sebab daging dan rempah yang mantap. Kuahnya kental, tetapi condong bening. Isiannya terbagi dalam potongan daging sapi, taoge, nasi, dan lain-lain. Waktu singgah ke Boyolali, kamu dapat bertandang ke jalan Pandanaran Nomer 293, Banaran. Kamu harus nikmati sogo seger dari warung legendaris bernama Soto Mbok Giyem.

3. Jenang pecel
Bila di Banyuwangi ada rujak soto, Boyolali punyai jenang pecel. Kuliner unik Boyolali ini adalah kombinasi bubur sumsum dengan pecel. Kamu langsung bisa singgah ke lokasi Pasar Sunggingan. Berada di Jalan Garuda, disini warga Boyolali biasa melahap jenang pecel.

4. Tahu susu
Jadi wilayah yang dipenuhi sapi perah, kelezatan tahu susunya tidak butuh disangsikan . Tahu susu ciri khas Boyolali berasa lebih gurih, creamy, serta teksturnya lembut sekali. Mudah sekali temukan makanan ini, ditambah lagi banyak pabrik susu tahu di Boyolali. Kamu dapat membelinya di seputar Jalan Pandanaran. Tidak hanya tahu susu, ada pula dodol susu, keripik susu, serta masih banyak yang lain.

5. Abon lele
Tidak hanya sapi, Makanan Boyolali populer dengan olahan lelenya. Satu diantara pusatnya berada di lokasi kampung Kecamatan Sawit. Tempat itu siap tawarkan bermacam olahan lele, seperti keripik serta abon. Jarang-jarang kan, kamu dapat temukan abon lele? Sama dengan abon biasanya, rasa-rasanya gurih serta lezat, pas sekali di nikmati bersama nasi.

6. Marning
Marning sudah biasa jadi oleh-oleh ciri khas di beberapa wilayah. Tetapi ada yang istimewa dari marning ciri khas Boyolali, lho! Marning di sini punyai banyak rasa, seperti gurih, asin, pedas, bahkan juga balado, keju juga ada.

7. Bebek goreng
Tidak hanya Madura serta Surabaya saja yang mempunyai kuliner bebek lezat. Satu diantara jagoan masyarakat Boyolali ialah warung Pak Tepi di Jalan Pelopor Kemerdekaan. Karena sangat nikmatnya, saat ini banyak cabangnya di jalan penting Solo sampai Semarang. Daging bebek Warung Pak Tepi demikian empuk, tidak amis, serta bumbunya meresap sampai ke. Sambalnya juga demikian fresh serta akan membuat kamu suka.

Itu beberapa kuliner ciri khas Boyolali yang harus kamu coba. Apa ada yang telah kamu coba duluan?

Leave a Reply