Cara UBL/Unlock Bootloader Sony Xperia (Semua Type) lewat Flashtool

Sony Xperia

Sony Xperia

Cara UBL/Unlock Bootloader Sony Xperia lewat Flashtool – Cara unlock bootloader (UBL) Sony Xperia bukan perihal yang susah. Ada 2 cara yang dapat dikerjakan untuk unlock bootloader (UBL) ponsel Sony Xperia, yakni Langkah UBL Sony Xperia lewat Flashtool serta cara Unlock bootloader memakai CMD. Dalam artikel ini aku akan mengulas Cara UBL Sony Xperia lewat Flashtool saja, sebab lebih sederhana serta tak perlu susah-susah mengetikkan perintah UBL lewat CMD. Umumnya smartphone android termasuk juga Sony Xperia keluaran paling baru, keadaan bootloader nya dalam kondisi terkunci alias locked bootloader. Ini mempunyai tujuan supaya beberapa pemakainya masih menggunakan OS android yang sudah didesain beberapa vendor serta untuk menghindari beredarnya smartphone dengan ROM abal-abal. Dengan keadaan locked bootloader ini mengakibatkan akses kita untuk mengakses ponsel itu jadi hanya terbatas. Oleh karena itu, bagi orang yang menyukai mengakses ponsel Sony Xperia seperti custom ROM, flashing kernel, custom recovery dan lain-lain itu mesti unlock bootloader terlebih dulu.

Cara UBL/Unlock Bootloader Sony Xperia lewat Flashtool

Sebelum mengawali panduan langkah UBL (unlock bootloader) Sony Xperia, aku akan menuturkan beberapa faedah serta kekurangan bila kita unlock bootloader. Faedah (UBL) Unlock Bootloader Sony Xperia Dapat overlock CPU. Bebas lakukan root. Dapat ubah custom ROM sesuka hati, dapat flashing kernel. Dapat pasang custom recovery seperti TWRP, CWM, CTR. Kekurangan UBL Sony Xperia Kemungkinan bootloop, hardbrick atau bahkan juga mati keseluruhan. Data yang ada di memori internal akan hilang. Garansi akan hangus (bila masih juga dalam waktu garansi). Keamanan jadi menyusut, hingga rawan pada malware. Nah itulah kekurangan serta keunggulan Unlock Bootloader pada HP Sony Xperia. Aku merekomendasikan supaya kamu berfikir terlebih dulu untuk lakukan UBL ataukah tidak.

Sesudah mengerti faedah serta kemungkinan unlock bootloader, jadi waktunya aku akan mengulas beberapa cara unlock bootloader (UBL) pada ponsel Sony Xperia. Langkah UBL Sony Xperia ini tidak sesulit langkah unlock bootloader Xiaomi yang dikit cukup repot, sebab ini memakai Flashtool serta request kode aktivasi UBL nya juga begitu instant, jadi tak perlu menanti beberapa hari. Matikan/disable driver signature pada PC kamu bila menggunakan Windows 8/10 64bit (sebab umumnya piranti akan tidak terdeteksi bila belumlah mematikan driver signature di PC Windows 8/10 64bit). Telah aktifkan USB Debugging di Xperia kamu. Backup file serta data terpenting sebab proses UBL ini akan meniadakan data di ingatan internal. Flashtool Tingkatan Langkah UBL Sony Xperia ini ada 3 langkah, salah satunya ialah Cek Status Unlock Bootloader, Memperoleh Kode Unlock dari Sony, Langkah Unlock Bootloader Sony Xperia lewat Flashtool

1. Cek Status Unlock Bootloader Sony Xperia

Aku mulai dari step yang awal, yakni mengecek status unlock bootloader, apa ponsel Sony Xperia kamu telah memperoleh izin UBL atau belumlah. Triknya yakni dial *#*#7378423#*#* Lantas pilih Service Informasi > Configuration, Langkah Cek Xperia Telah UBL atau Belumlah Bila pada Rooting status ada tulisan: “Bootloader Unlocked Allowed: Yes“, jadi ponsel Sony Xperia kamu telah diizinkan untuk lakukan UBL. Bila No, bermakna belumlah dapat UBL.

2. Memperoleh Kode Unlock dari Sony

Untuk lakukan UBL pada piranti Sony Xperia, jadi kamu mesti mempunyai kode unlock bootloader yang didapatkan dari pihak Sony. Tenang saja, untuk memperoleh kode UBL ini begitu instant serta langsung dapat dipakai, berlainan dengan Xiaomi yang bila ingin UBL saja perlu beberapa hari supaya dikasih izin UBL. Setelah itu geser sampai ke bawah serta click Piranti. langkah unlock bootloader Xperia, Lalu type smartphone Sony kamu. Cara Request Kode Unlock Bootloader Sony Xperia jika telah, maka muncul formulir isian seperti berikut ini. Isikan IMEI hp kamu. Bila belumlah tahu, silakan dial *#06# untuk tahu IMEI. Janganlah lupa centang semua pilihan serta masukan e-mail kamu (yang ini opsional).

3. Langkah Unlock Bootloader Sony Xperia lewat Flashtool

Cara awal ialah unduh serta meng-install software Xperia Flashtool terlebih dulu. Software Xperia Flashtool dapat kamu ambil di tempat ini: http://www.flashtool.net/downloads.php Sesudah unduh, install flashtool di PC/Computer kamu. Janganlah lupa untuk meng-install drivernya sekalipun. Aku kira kamu telah memahami langkah install drivernya kemudian masuk ke step UBL. Begini cara-caranya:

Hubungkan ponsel Sony Xperia ke PC memakai kabel USB yang masih tetap baik. Bila di flashtool ada tulisan: INFO – Connected piranti: Sony Xperia (type HP), jadi berarti hp kamu telah dapat terdeteksi. Langkah UBL Sony Xperia lewat Flashtool Setelah itu click BLU untuk lakukan unlock bootloader Xperia. Lalu akan muncul kotak dialog semacam Panduan UBL Sony Xperia Tiada Root. Sampai langkah ini, Flashtool tengah menanti hp kamu masuk ke Flashmode. Setelah itu bebaskan kabel USB dari hp (bukan ujung USB yang tercolok ke PC), Lantas matikan hp Sony Xperia kamu. Lalu tekan serta tahan tombol Volume Bawah, lantas hubungkan kembali kabel USB ke hp sekalian masih mendesak Volume Bawah sampai smartphone kamu bergetar serta monitor masih hitam. Nantikan beberapa menit, maka muncul Piranti Selector seperti berikut ini. Setelah itu pilih type Sony Xperia kamu.

Bila semacam itu, kemudian bebaskan kabel USB lantas tekan tombol Volume Atas (bukan volume bawah) sampai muncul kotak pengisian kode Unlock Bootloader seperti berikut ini. Saat ini isikan dengan IMEI hp kamu serta masukan kode unlock yang telah didapat. Paling akhir, click Unlock, bila sukses, jadi dalam log INFO akan muncul tulisan: INFO – OKAY. Lalu hp kamu akan reboot serta masuk ke Homescreen. Proses booting menghabiskan waktu 5-10 menit, jadi berharap bersabar. Tuntas! Sesudah sukses masuk ke Homescreen serta lakukan setup lagi, silakan cek kembali status bootloadernya untuk pastikan kesuksesan UBL Sony Xperia kamu. Triknya dial *#*#7378423#*#* Setelah itu pilih Service Informasi > Configuration, serta lihat di bagian Rooting Status. Bila ada tulisan: “Bootloader unlocked: Yes“, jadi UBL telah sukses, kamu telah sukses unlock bootloader Sony Xperia. Nah setelah itu kamu telah dapat lakukan custom ROM, flashing kernel, rooting dan lain-lain.

Demikian Cara unlock bootloader Sony Xperia lewat Flashtool. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna serta bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply